JAKARTA – Presiden Joko Widodo rwsmi melantik Syamsuar dan Edy Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Riau. Pelantikan keduanya berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 20 Februari 2019.

Keduanya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 20/P Tahun 2019 tanggal 19 Februari 2019. Setelah resmi dilantik, Syamsuar dan Edy Natar Nasution akan mengemban amanah untuk masa jabatan tahun 2019 sampai dengan 2024 mendatang.

Sebelum diambil sumpah, petikan Surat Keputusan Presiden diserahkan terlebih dahulu oleh Presiden Joko Widodo kepada calon gubernur dan wakil gubernur di Ruang Kredensial Istana Merdeka.

Setelahnya, Presiden bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama calon gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik menjalani prosesi kirab dengan berjalan kaki menuju tempat pelantikan di Istana Negara. Ketiganya diiringi oleh pasukan kehormatan Paspampres selama berjalan menuju lokasi pelantikan.

Setibanya di Istana Negara, calon gubernur dan wakil gubernur diambil sumpah oleh Presiden dan dilantik dengan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia tersebut di atas.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” demikian Presiden memimpin pengucapan sumpah jabatan.

Acara pelantikan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan yang hadir.

Disisi lain, saat awak media Melayutvedukasi.com menemui Ketua Srikandi Melayu Asia, H. Raja Susi Dewi Yanti, SS. MM mengatakan, saya mengucapkan selamat atas pelantikan bapak Syamsuar dan Edy Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Riau untuk masa jabatan tahun 2019 sampai dengan 2024 mendatang.

“Semoga amanah dan Provinsi Riau kedepan bisa lebih maju dan rakyatnya hidup damai dan sejahtera,” ujar Raja Susi (sapaan akrabnya) yang juga selaku Ketua DPD PWRI Riau.

Kita selaku masyarakat Riau tentu akan mendukung apa yang menjadi program Gubernur Riau, karena pembangunan tidak bisa diwujudkan oleh gubernur dan wakil gubernur saja, melainkan tugas kita semua untuk sama-sama mewujudkannya.

“Insya Allah ditangan Pak Syamsuar dan Edy Natar Riau akan maju dan masyarakatnya bisa lebih sejahtera adil dan makmur,” imbuh Raja Susi sembari menutup pembicaraan. (Fer)